Responsive Ads Here

Rabu, 23 Mei 2018

Dalam Prodi PJKR, Mahasiswa Dituntut Menguasai Gerak Olahraga Dalam Berbagai Jenis Cabor


Dalam Prodi PJKR, Mahasiswa Dituntut Menguasai Gerak Olahraga Dalam Berbagai Jenis Cabor

Universitas Negeri Semarang atau yang biasa disebut UNNES adalah perguruan tinggi di Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Gunung Pati Semarang. Dulunya bernama IKIP PGRI Semarang dan pada tahun 2000-an berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang. UNNES adalah perguruan tinggi yang mencetak tenaga pendidik atau guru yang ada di Indonesia. UNNES memiliki 8 fakultas, yaitu : Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Hukum.
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi adalah salah satu prodi yang ada di dalam Fakultas Ilmu Keolahragaan yang memiliki tujuan untuk mencetak guru penjas di SMP maupun SMA. Dalam jurusan ini berisi mahasiswa-mahasiswa yang ahli dalam bidang olahraga dari berbagai macam cabor. Namun olahraga tidak dijadikan dasar utama dalam jurusan PJKR melainkan dijadikan media untuk menyampaikan materi-materi kepenjasan.
Para Mahasiswa yang masuk dalam jurusan PJKR datang dari berbagai penjuru daerah dengan kemampuan olahraga yang bermacam-macam sesuai dengan cabor yang digeluti. Disisni mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai seluruh gerak olahraga dalam berbagai jenis cabang olahraga. Tidak hanya menguasai satu gerakan dalam cabor tertentu, tetapi harus bisa menguasai semua gerakan dalam berbagai cabor yang diberikan pada perkuliahan. Walaupun tidak bisa dilakukan secara sempurna, namun setidaknya bisa dikatakan luwes dalam melakukan gerakan olahraga di berbagai macam cabor yang diajarkan, baik olahraga permainan bola besar / bola kecil, atletik, aktivitas air, aktivitas pengembangan, aktivitas ritmik, dll.
Tidak hanya menguasai praktek saja, namun mahasiswa juga dituntut untuk menguasai teori-teori dalam olahraga. Mengapa mahasiswa dituntut untuk bisa menguasai semua gerak olahraga berbagai cabor dalam praktek dan teori-teori dalam olahraga ? karena jurusan PJKR melahirkan dan mencetak lulusan-lulusan tenaga pendidik terbaik dalam bidang olahraga untuk menyampaikan ilmu yang didapat dan dimiliki dari ketika berada di bangku perkuliahan.
Jadi, ketika mengajar di sekolah nanti bisa mempraktekkan semua gerakan olahraga dala berbagai cabor dengan baik sehingga tidak menimbulkan hal yang lucu dan kesan yang tidak baik bagi nama almamater yang menjadi kebanggan, serta dapat menjadi guru professional di sekolah-sekolah yang akan menjadi tujuan bagi seorang tenaga pendidik atau guru.


Rian Kurniawan (6101415067)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar