Responsive Ads Here

Rabu, 23 Mei 2018

Sport Jurnalism, Mata Kuliah Yang Memiliki Segudang Manfaat


Sport Jurnalism, Mata Kuliah Yang Memiliki Segudang Manfaat



Jurusan PJKR UNNES memiliki mata kuliah pilihan yang dapat diambil oleh mahasiswa, yaitu Event Organizer, Sports Enterpreneurship, Sport Jurnalism, Panahan, dan Hockey. Mata kuliah pilihan adalah mata kuliah tambahan yang bertujuan untuk memberikan wawasan baru dan luas tentang dunia diluar unsur kepenjasan atau keguruan dan wajib diambil oleh mahasiswa semester 6. Mata kuliah pilihan banyak memberikan peluang dan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin bekerja diluar bidang tenaga pendidik. Salah satunya adalah mata kuliah Sport Jurnalism.
            Sport Jurnalism adalah mata kuliah yang berisi / mempelajari tentang macam-macam berita, cara membuat atau merangkai berita, dan meliput berita yang benar khususnya dalam lingkup olahraga. Terdapat berbagai mcam berita yang dipelajari dalam kuliah Sport Jurnalism, yaitu : Straight News, Reportase, Feature, dan Opini.
            Straight News adalah berita yang berisi tentang kejadian atau berita terbaru yang sedang populer, penulisannya singkat, padat, dan jelas. Kemudian reportase adalah berita yang hampir sama dengan straight news tapi bahasanya lebih lugas dan narasumber yang diambil lebih dari satu. Selanjutnya feature, yaitu berita yang menggunakan bahasa / kata yang lebih berseni dan di lebih-lebihkan (hiperbola). Yang terakhir berita opini, adalah berita yang berisi tentang pendapat dari banyak narasumber.
            Mata kuliah ini memberikan banyak wawasan dan informasi terkait cara pembuatan, penyusunan, dan peliputan yang benar. “dari perkuliahan sport jurnalism ini aku yang awalnya tidak bisa membuat dan menyusun berita menjadi bisa. Semula aku hanya menonton berita dan tau seputar berita saja tanpa mengetahui cara cara pembuatan, penyusunan, dan peliputannya”, ujar Salah satu mahasiswa PJKR bilingual bernama Rian.
            Perkuliahan Sport Jurnalism juga membuka hati, mata, dan pikiran kita untuk bisa menghargai sebuah karya tulisan atau berita yang disusun oleh seorang jurnalistik. Selain itu kuliah ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa / banyak orang, diantaranya yaitu :
1.      Dapat membuat, menyusun, meliput berita dengan benar.
2.      Mengetahui banyak tentang berita / kejadian yang terkini dan terpopuler.
3.      Bisa dijadikan pekerjaan sampingan / alternatif untuk menjadi wartawan atau reporter.
4.      Dapat dijadikan kesibukan yang positif untuk mendapat penghasilan atau penghargaan dalam bidang karya tulis.

Oleh karena itu, kuliah Sport Jurnalism ini memberikan peluang atau kesempatan untuk mahasiswa yang nantinya setelah lulus belum tentu bisa bekerja langsung menjadi tenaga pengajar atau guru. Di luar sana mereka harus mencari jalan atau alternatif lain supaya bisa mendapatkan pekerjaan dan penghasilan. Dan ini adalah salah satu unsur yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mencapai sebuah kesuksesan.



Rian Kurniawan (6101415067)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar